STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SAAT PANDEMI COVID 19 DI SDN 1 SINAR MULYA

Saryanto, Saryanto (2021) STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SAAT PANDEMI COVID 19 DI SDN 1 SINAR MULYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
file 1.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
file 2.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
file 3.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
file 4.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
file 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
file 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
file 7.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
file 8.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru
kelas dalam membentuk karakter peserta didik serta mendeskripsikan faktor apa
saja yang mendukung pelaksanaan strategi yang digunakan guru kelas dalam
membentuk karakter peserta didik di kelas IV SDN 1 Sinar Mulya. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dalam hal ini dengan mengamati
setiap kegiatan yang ada di kelas maupun diluar kelas, bagaimana pelaksanaannya
dan faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan dari strategi yang diterapkan
guru dalam membentuk karakter peserta didik di kelas IV SDN 1 Sinar Mulya.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan juga dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden
mengenai strategi yang digunakan, pelaksanaan serta faktor yang mendukung
pelaksanaan strategi tersebut, sedangkan untuk data sekunder berupa teori dan
data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi yang digunakan guru kelas dalam
membentuk karakter di kelas IV SDN 1 Sinar Mulya adalah keteladanan,
pembiasaan, diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari,
memberikan pendampingan atau pengawasan. (2) Faktor pendukung pelaksanaan
strategi yang diterapkan guru kelas dalam membentuk karakter peserta didik di
kelas IV SDN 1 Sinar Mulya adalah adanya dukungan dari orang tua peserta
didik, adanya dukungan dan pengawasan dari pihak sekolah dan kesadaran dari
dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi guru dalam membentuk karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item
View Item