PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Anisah, Syarah Husnun (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER SYARAH.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 SYARAH.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 SYARAH.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 SYARAH.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 SYARAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 SYARAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS SYARAH.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN SYARAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Oleh
SYARAH HUSNUN ANISAH
17060163

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas V SD N 18 Gedong Tataan, dalam pembelajaran
peserta didik dituntut memahami konsep dan mampu untuk menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Masalah yang dijumpai pada
materi tersebut, peserta didik masih bingung dan belum mengerti kegunaan
aplikasi WhatsApp terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
dikehidupan sehari-hari, sehingga mempengaruhi kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Penggunaan Aplikasi WhatsApp Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika.

Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design dengan jenis metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD N 18 Gedong Tataan. Populasi
penelitian berjumlah 47 siswa dan Sampel penelitian ini pada kelas VA terdiri dari
24 siswa. Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan Tes dan
dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah
H
o
ditolak dan H
diterima, maka dapat disimpulkan
bahwa ada Pengaruh Penggunaan Aplikasi WhatsApp Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika ditunjukkan dengan uji hipotesis Pretest
Eksperimen - Postest Eksperimen yaitu sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Karena nilai
sig. (2-tailed) < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
H
iii
a
o
ditolak dan H
diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Aplikasi WhatsApp
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi WhatsApp, Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:26
Last Modified: 08 Apr 2022 01:26
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item
View Item