EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHER LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA PREZI PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 PUGUNG

Hastari, Afrida Mega (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHER LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA PREZI PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 PUGUNG. Masters thesis, UMPRI.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
file 1.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
file 2.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
file 3.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
file 4.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
file 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
file 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
file 7.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
file 8.pdf

Download (6MB)

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHER LEARNING
(CTL) DENGAN MEDIA PREZI PADA MATERI LINGKARAN DI SMP
NEGERI 1 PUGUNG

Afrida Mega Hastari

ABSTRAK

Hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Pugung pada saat pembelajaran daring
di materi lingkaran banyak yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi
diperoleh data bahwa hanya 42,31% peserta didik yang mencapai KKM dan 57,69%
belum mencapai KKM. Untuk itu perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat
mengatasi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan efektivitas pembelajaran CTL dengan media prezi pada materi
lingkaran di SMP Negeri 1 Pugung.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII.3 SMPN 1 Pugung. Untuk subjek uji coba instrumen peneliti
mengambil 10 peserta didik kelas VIII.1 sebagai responden. Data hasil penelitian
akan dianalisis dengan menggunakan presentase.

Hasil dari penelitian yang diperoleh: (1) Presentase rata-rata pengamatan
keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,5%; (2) Presentase rata-rata aktivitas peserta
didik aktif sebesar 81%; (3) Presentase respon positif peserta didik sebesar 81%; dan
(4) Presentase hasil belajar peserta didik mencapai KKM sebesar 85%. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran Contextual Teacher Learning (CTL) dengan
media prezi efektif diterapkan pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Pugung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Contextual Teacher Learning (CTL), Prezi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:03
Last Modified: 01 Nov 2021 02:03
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item