PROSES KREATIF MENULIS CERITA ANAK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 4 GEDONG TATAAN

JULLIANA, ADINDA (2021) PROSES KREATIF MENULIS CERITA ANAK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 4 GEDONG TATAAN. Masters thesis, UMPRI.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FILE 2 BAB I.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FILE 3 BAB II.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FILE 4 BAB III.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FILE 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FILE 6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK

PROSES KREATIF MENULIS CERITA ANAK SISWA
KELAS IV DI SD NEGERI 4 GEDONG TATAAN

Oleh

ADINDA JULLIANA
17060119

Siswa kelas IV di SD Negeri 4 Gedong Tataan mengalami kesulitan dalam
mengembangkan ide-ide dan gagasan dalam menulis cerita anak. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses kreatif menulis cerita anak. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis bahwa proses
kreatif menulis cerita anak terpadat 3 aspek yaitu aspek perenungan, pengendapan
ide, dan pematangan. Aspek perenungan sudah dilakukan oleh siswa dengan cara
siswa memilih atau menyaring berbagai informasi seperti masalah, tema, ide-ide,
dan gagasan yang sangat menarik yang telah di dapatkan dari tema. Aspek
pengendapan ide sudah dilakukan oleh siswa dengan cara siswa mengumpulkan
atau menggali sebuah informasi dengan cara membaca, melihat, dan merasakan
pada kejadian atau sebuah peristiwa. Aspek pematangan sudah dilakukan oleh
siswa dengan cara siswa melakukan pengamatan dan perincian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: proses kreatif, menulis, cerita anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:43
Last Modified: 01 Nov 2021 02:43
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item