PENGARUH INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMKM HOTANG (HOTDOG KENTANG) BANYUMAS TAHUN 2020

Pitriyani, Ikah (2021) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMKM HOTANG (HOTDOG KENTANG) BANYUMAS TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_1.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_2.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_3.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_4.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_7.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SKRIPSI IKAH PITRIYANI_8.pdf

Download (1MB)

Abstract

IKAH PITRIYANI, Pengaruh Inovasi Produk dan E-commerce
Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian di UMKM Hotang (Hotdog
Kentang) Banyumas Tahun 2020 (Di bawah bimbingan Bapak Drs. H. M. Ali
Khan, M.M., sebagai pembimbing I dan Ibu Nasyi’atun Inayati Utami, S.E.,
M.M., sebagai pembimbing II) xvi + 63 halaman + 16 tabel + 3 gambar dan
19 lampiran.
Keputusan pembelian adalah perilaku pembelian seseorang dalam menentukan
suatu pilihan produk untuk mencapai kepuasan sesuai kebutuhan dan keinginan
konsumen. Keputusan pembelian didasari dengan berbagai macam faktor, faktor
tersebut dapat meningkatkan keputusan pembelian terhadap barang maupun jasa
yang dihasilkan oleh sutau organisasi atau perusahaan. Masalah dalam penelitian
ini adalah meningkatnya keputusan pembelian yang terjadi pada tahun 2019-2020
di UMKM Hotang (Hotdog Kentang). Rumusan masalah penelitian ini adalah
Apakah ada pengaruh inovasi produk terhadap pengambilan keputusan pembelian
pada UMKM Hotang di Banyumas Tahun 2020? Apakah ada pengaruh E-
commerce terhadap pengambilan keputusan pembelian pada UMKM Hotang di
Banyumas Tahun 2020? Apakah ada pengaruh inovasi produk dan E-commerce
secara simultan terhadap pengambilan keputusan pembelian pada UMKM Hotang
di Banyumas Tahun 2020? Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui ada
pengaruh inovasi produk terhadap pengambilan keputusan pembelian di UMKM
Hotang (Hotdog Kentang) Banyumas tahun 2020. Ingin mengetahui ada pengaruh
E-commerce terhadap pengambilan keputusan pembelian di UMKM Hotang
(Hotdog Kentang) Banyumas tahun 2020. Ingin mengetahui ada pengaruh inovasi
produk dan E-commerce secara simultan terhadap pengambilan keputusan
pembelian di UMKM Hotang (Hotdog Kentang) Banyumas tahun 2020. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dari sampel
populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan
kemudian dijelaskan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi dan kuesioner. Adapun yang menjadi sampel populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen UMKM Hotang. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini tidak terduga dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 30 Konsumen yang diambil secara kebetulan. Sehingga dalam
penelitian ini. Peneliti menggunakan teknik Insidental sampling. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkanhasil
penghitungan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, ternyata
hipotesis F – simultan yang diajukan dapat diterima yaitu ada pengaruh inovasi
Produk dan E-commerce terhadap Pengambilan keputusan pembelian di UMKM
Hotang (Hotdog Kentang). Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan regresi
berganda didapat nilai Fhitung

sebesar 4,827> Ftabel

sebesar 3,35 (df = n-k-1 jadi
df= 30-2-1=27) (untuk pembilang df=2) dengan signifikan sebesar 0,016< 0,05.
Hasil perhitungan regresi linear berganda didapat nilai r-square sebesar 0,263
sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengambilan Keputusan Pembelian di UMKM
Hotang (Hotdog Kentang) dijelaskan sebesar 26,3% oleh variabel Inovasi Produk
dan E-commerce dan sisanya sebesar 73,7% dijelaskan atau dipengaruhi faktor
lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1 Manajemen
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 24 May 2022 01:50
Last Modified: 24 May 2022 01:50
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item
View Item