Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika di SMP Negeri 16 Pesawaran

Sari, Aida Nur Atika (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika di SMP Negeri 16 Pesawaran. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
aida s_1.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
aida s_2.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
aida s_3.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
aida s_4.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
aida s_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
aida s_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
aida s_7.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
aida s_8.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII A MTs. N 1 Pringsewu berlangsung
dengan baik dilihat dari 75% siswa di kelas tersebut mendapatkan hasil belajar di
atas nilai KKM. Hasil belajar yang demikian diduga dipengaruhi oleh proses
manajemen pembelajaran yang diterapkan guru matematika di kelas tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen pembelajaran
matematika di kelas VII A MTs. N 1 Pringsewu yang ditinjau dari aktivitas guru
dalam pembelajaran.

Metode peneltian yang digunakan pada Penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pengumpulan data penelitian menggunakan tehknik observasi, wawancara
dan juga dokumentasi. Sementara untuk keabsahan data digunakan tehknik
triangulasi waktu dan juga triangulasi tehknik. Analisis data dimulai dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan ditutup dengan penarikan
kesimpulan.

Hasil Penelitian ini berupa deskripsi manajemen pembelajaran matematika yang
ditinjau dari penerapan fungsi manajemen pembelajaran di kelas VII A MTs. N 1
Pringsewu. Adapun manajemen pembelajaran matematika di kelas VII A MTs. N
1 Pringsewu terdiri dari proses perencanaan pembelajaran ditunjukan secara
lengkap dengan adanya dokumen RPP dan Desain Pembelajaram. Proses
pengorganisasian terdiri atas pemilihan variasi metode pembelajaran, pengadaan
LKPD, powerpoint dan kertas warna – warni sebagai media pembelajaran serta
pemilihan sumber belaja. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran
dilaksanakan dengan sangat baik ditunjukan melalui hasil observasi, besaran nilai
rata – rata dari dua kali observasi pelaksanaan pembelajaran yaitu 112,5 dengan
kualifikasi A atau baik sekali. Yang terakhir proses evaluasi dilaksanakan dalam
bentuk tes tertulis untuk memastikan pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan
pembelajaran setelah pembelajaran pada pertemuan tersebut berakhir. Penerapan
fungsi manajemen secara bersungguh – sungguh dan berkesinambungan,
membuat manajemen pembelajaran di kelas VII A MTs. N 1 Pringsewu dapat
dikatakan baik. Manajemen pembelajaran yang demikian membuat proses
pembelajaran dapat dikatakan berhasil, berdasarkan banyaknya siswa yang
mendapatkan hasil belajar di atas KKM. Adapun banyaknya siswa yang mendapat
nilai di atas KKM adalah 79% atau 25 siswa dari total 32 siswa di kelas VII A
MTs. N 1 Pringsewu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Matematika, Himpunan, Aktivitas Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:17
Last Modified: 11 Aug 2023 07:17
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item
View Item