ANALISIS DESKRIPTIF KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU SECARA PEDAGOGIK

Indriani, Anddres (2021) ANALISIS DESKRIPTIF KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU SECARA PEDAGOGIK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FILE 2.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FILE 3.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FILE 4.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pusta] Text (Daftar Pusta)
FILE 7.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik, Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencangan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, peserta didik, dan wali murid. Sedangkan objek dalam penelitian adalah kinerja guru dan kompetensi pedagogik guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara terbuka, selain wawancara peneliti juga melakukan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik member checking.
Berdasarkan hasil analisis yang ditinjau secara pedagogik maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di SD N 2 Purwodadi dalam proses perencanaan para guru melakukan penyusunan perencanaan pembelajaran dengan menyusun silabus dan RPP yang sesuai dengan kurikulum, guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan, dan tersedianya RPP yang digunakan guru pada saat pembelajaran daring berlangsung. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru di SD N 2 Purwodadi mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik hal ini terbukti pembelajaran daring dan luring dapat berlangsung pada saat pandemi covid-19, selain itu terlihat dari aspek guru sanggup menyampaikan materi secara daring menggunakan media sosial WhatsApp. Terakhir pada proses evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru, Kompetensi pedagogik, Pandemi covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:17
Last Modified: 16 Aug 2023 04:17
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item
View Item