KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Rida, Atma (2021) KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 COVER ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 BAB I ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 BAB II ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 BAB III ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 BAB IV ATMA RIDA (18060124).pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 BAB V ATMA RIDA (18060124).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (69kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN ATMA RIDA (18060124).pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan menulis siswa terutama pada materi menulis
pantun disebabkan sulitnya pembelajaran menulis pantun. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan menulis pantun melalui strategi
peningkatan kemampuan berpikir siswa kelas Va SD Muhammadiyah Ambarawa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah
siswa kelas VA SD Muhammadiyah Ambarawa dengan sampel sebanyak 30
siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan
tes menulis pantun. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah hasil menulis
pantun siswa sesuai dengan indikatornya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari analisis data
menunjukkan (1) Kesesuaian syarat pantun masuk dalam kategori sangat tinggi,
(2) Kemenarikan isi masuk dalam kategori sangat tinggi, (3) Pencitraan termasuk
dalam kategori sedang, (4) Pemilihan kata masuk kategori sedang, (5) Pertalian
makna masuk dalam kategori sangat tinggi, (6) Pesan masuk dalam kategori
sangat tinggi. Rata-rata nilai ke enam aspek tersebut adalah 8,87 masuk kategori
sangat tinggi. Jadi kemampuan menulis pantun melalui strategi pembelajaran
peningkatan kemampuan berpikir pada siswa kelas Va SD Muhammadiyah
Ambarawa adalah sangat tinggi dengan nilai rata-rata seluruh siswa yang
berjumlah 30 yaitu 8,87.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Pantun, strategi, Pembelajaran, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:05
Last Modified: 18 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item
View Item